Survei Agus - Silvi Naik Pesat Setelah AHOK ditetapkan Sebagai Tersangka



JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA telah langsung mengeluarkan hasil survei setelah ditetapkannya tersangka Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas kasus dugaan penghinaan agama.

Survei yang telah kita lakukan selama periode 31 Oktober-5 November 2016 dengan melibatkan 1000 responden, dukungan untuk Ahok turun dari 24,6 % menjadi 10,6 %

Lembaga Survei Indonesia Pak Denny mengatakan survei memang dilakukan sesaat sebelum Ahok ditetapkan sebagai tersangka. Namun, responden sudah ditanya perihal dukungan 'apabila Ahok menjadi tersangka' kasus dugaan penistaan agama.

Peneliti Lembaga Survei Indonesia, Ardian Sopa,juga mengatakan, berdasarkan survei, penurunan dukungan untuk pasangan Ahok-Djarot setelah Ahok ditetapkan sebagai tersangka cukup drastis.

"Sebelum Ahok menjadi tersangka, elektabilitas di atas angka 20 persen dan setelah menjadi tersangka hanya di angka 10,6 persen untuk pertanyaan terbuka, dan 11,50 persen untuk pertanyaan tertutup," kata Ardian, dalam jumpa pers di kantor LSI  di Jalan Pemuda, Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (19/11/2016).

Dia menjelaskan, metode pertanyaan terbuka ialah menanyakan bagaimana dukungan terhadap Ahok jika jadi tersangka tanpa menyebutkan nama cagub dan cawagub dari kandidat lainnya. Sedangkan pertanyaan tertutup adalah pertanyaan uang disertai nama kandidat.
"Hasilnya, dukungan Ahok sama-sama turun di dua metode itu. Untuk pertanyaan terbuka suara Ahok turun ke 10,60 persen, dan untuk pertanyaan tertutup turun ke 11,50 persen, dari 24,60 persen," ujar Ardian.

Sebenarnya, lanjut Ardian, sebelum Ahok tersangka, dari survei pihaknya, tren asli dukungan untuk pasangan Ahok-Djarot sudah mengalami penurunan. Pada Maret 2016, pasangan Ahok-Djarot elektabilitasnya masih 59,3 persen. Namun, terus menurun.
Pada Juli 2016, elektabitas Ahok-Djarot 49,1 persen, Oktober 31,4 persen, dan November 24,6 persen. Berbeda dengan Ahok-Djarot, dua pasangan calon lainnya mendapat limpahan dukungan dari yang meninggalkan Ahok-Djarot

Elektabilitas pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni sebelum Ahok tersangka, berada di 20,90 persen. Namun, setelah Ahok menjadi tersangka dukungan Agus-Sylvi mengalami peningkatan 30,90 persen (pertanyaan terbuka) dan 32,30 persen (pertanyaan tertutup).
Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, dari yang sebelum Ahok tersangka 20,00 persen, setelah Ahok menjadi tersangka meningkat menjadi 31,90 persen (pertanyaan terbuka) dan 31,10 persen (pertanyaan tertutup).(macroberita/poker)

BACA JUGA : Habib Rizieq Resmi Jadi Tersangka Setelah Diperiksa Intensif atas Kasus Penistaan Pancasila

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »