Menurut Habiburokhman Eksepsi Ahok Pasti Akan Ditolak Hakim

Menurut Habiburokhman Eksepsi Ahok Pasti Akan Ditolak Hakim

Macroberita.com - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dterdakwa sidang kasus penistaan agama yang beragenda putusan sela akan segera digelar. Adanya pengacara Habiburokhman yang turut melaporkan Ahok ini, menyakini bahwa hakim akan menolak nota asli keberatan (eksepsi) yang telah diajukan Ahok.

Keyakinannya itu sendiri didasarkan pada penilaian bahwa eksepsi Ahok tidak menyangkut persoalan yang sebagaimana harusnya sudah termuangt. Habiburokhman sempat menyatakan eksepsi Ahok tidak relevan.
"Jika dilihat dari sisi materi hukum, eksepsi Ahok pasti akan ditolak," ujar Habiburokhman, Selasa (27/12/2016).

Dia pun mengatakan, eksepsi biasanya baru akan dibacakan di akhir persidangan yang bersamaan dengan perkara pokok. Namun Habiburokhman juga tidak sepakat jika dikatakan dakwaan jaksa berlebihan.

"Kalau memang yang dipersoalkan dakwaan prematur dikarenakan Ahok belum pernah ditegur MUI sebelumnya, eksepsi biasanya baru akan dibacakan di akhir persidangan bersamaan dengan vonis perkara pokok," tutur Habiburokhman.

Terlepas dari semua itu, Habiburokhman menyerahkan segala keputusan sela nanti kepada hakim. Dia berharap hakim bisa objektif dalam membuat keputusan.

"Bisa saja majelis hakim berpendapat lain. Yang penting jangan sampai putusan sela terpengaruh faktor-faktor nonhukum," tandas Habiburokhman.

Sidang akan digelar pukul 09.00 WIB nanti di bekas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Gajah Mada, Harmoni. Dipastikan, Ahok akan hadir. Putusan sela ini akan menentukan apakah persidangan akan dilanjutkan ke pokok perkara atau tidak. (lch/poker)

Related Post : Tiap Teroris Sudah Memiliki Tugas Masing-Masing di Indonesia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »