Pelat Nomor Cantik, Nasib Pengurusan STNK ?



Macroberita.com, Jakarta - Naiknya tarif pengurusan STNK cukup membuat masyarakat pusing bukan kepalang. Timbul pertanyaan baru soal  bagaimana pengurusan pelat nomor 'cantik' yang biasa memang secara khusus dipesan oleh para pemilik mobil.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan, nomor-nomor cantik ini biasanya sengaja dipesan oleh warga yang memiliki penghasilan lebih. Pesanan nomor khusus ini juga biasa dilakukan di luar negeri.

Hanya saja, kata Tito, dalam pengurusan nomor asli khusus ini ada memang biaya tambahan yang mesti dikeluarkan warga. Ini pula yang berpotensi diselewengkan.

"Di lapangan pelat nomor cantik ada biaya tambahan. Dan buka peluang terjadi penyimpangan," kata Tito di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 5 Januari 2017.

Pemakaian nomor cantik itu memang diperbolehkan oleh kepolisian, dengan catatan ada uang tambahan yang dibayarkan. Biaya tambahan ini dimaksudkan untuk memungut pajak lebih besar dari masyarat yang mampu.

"Kenyataannya yang ada sering disalahgunakan, lebih baik diformalkan dan pendapatan untuk negara. Dan pendapatan itu dikembalikan lagi dalam rangka untuk kepentingan yang lebih baik untuk masyarakat lainnya," Tito menjelaskan.

"Sekali lagi pelat nomor cantik ini targetnya orang yang berkelebihan. Mereka dengan ini mensubsidi bagi masyarakat lainnya," Tito menegaskan. (macroberita/poker)

BACA JUGA : Polisi : Adanya Kenaikan Tarif STNK Sangat Mengejutkan Masyarakat,Tergantung Sosialisasinya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »